sEbenErNya aPa se genRe The Changcuters iTu........

Author: beny (bendotz) / Label: ,

Sulit menggolongkan The Changcuters ke dalam sebuah genre tertentu yang mapan. Lagu-lagunya mengandung unsur disko retro, blues, hingga rock n roll dalam satu tarikan nafas. Maka, pada akhirnya The Changcuters lebih suka menamai musik mereka sebagai musik ala Changcuters. ''Kita bikin aliran sendiri saja. Namanya 'ala kita garasi rock n roll'. Ini gayanya kita,'' jelas Tria.
Disebut 'ala kita'--dalam bahasa Sunda kumaha urang wae--lantaran lagu-lagu mereka tak diciptakan semata-mata oleh satu personil, melainkan hasil keroyokan kelima anggota The Changcuters. Karena itulah, saat merangkai karya musik, lirik dibuat secara estafet.
Kalimat pertama bisa saja dibuat Tria, sementara kalimat lain dibuat personil lain. Atau, sebuah lagu yang dibuat Qibil bisa saja direvisi oleh rekan-rekannya. ''Mirip skripsi yang dosen pembimbingnya ada empat orang,'' ujar Tria sembari tertawa renyah.
Sedangkan kata 'garasi' berasal dari lokasi tempat para personil The Changcuters biasa mencipta lagu, yakni garasi, tepatnya kamar Qibil. Untuk kata 'rock n roll', kata Tria, mengandung makna lebih harfiah. 'Rock' berarti batu dan bersifat keras seperti halnya hidup. Untuk menyiasati kerasnya hidup, kata Tria, kita harus 'roll' yang artinya berguling. ''Maksudnya jalani hidup yang keras ini tanpa harus bersedih,'' ujarnya filosofis.
Dan, musik adalah refleksi--jika bukan simplifikasi--The Changcuters terhadap kehidupan. Pelbagai hal bisa menjadi inspirasi bagi karya-karya musiknya. Kebanyakan adalah tema-tema yang remeh: Dari konser musik hingga mode yang sedang nge-trend.
Dan, The Changcuters mengartikulasikannya lewat bahasa yang ringan dan catchy, jika bukan nakal, namun yang terpenting: Menggugah syaraf tawa. Hidup sudah ribet, buat apa dibikin ribet.

0 komentar:

Posting Komentar

My muLtiPly

ben ben RANGER

jangan lupa daftar ya...